Get Google Ads Free! :: New Secret!! Click Here!

Friday, May 4, 2007

Investasi Orang tua

Semua orang tua mempunyai kewajiban untuk memberikan kehidupan yang layak bagi anak-anaknya. Tahukah anda bahwa sebenarnya orang tua kita itu sebenarnya melakukan sebuah investasi, hanya saja kita sebagai seorang anak tidak pernah menyadarinya.

Saya yakin diantara kita tidak pernah menghitung berapa besar investasi yang diberikan orang tua kita sehingga kita bisa seperti sekarang ini dan orang tua kita pun tidak pernah meminta kembali investasi yang sudah mereka keluarkan tapi alangkah bahagianya mereka jika seandainya kita sebagai seorang anak memberikan kebahagiaan kepada orang tua kita dihari-hari tuanya.
Disini saya seorang anak yang tentunya mempunyai orang tua yang alhamdulillah keduanya masih diberikan umur yang panjang,ingin berbagi kepada teman-teman semua untuk melakukan hal yang sama yaitu menghitung berapa sih investasi yang orang tua kita keluarkan, mulai kita masih dalam kandungan sampai kita memperoleh gelar S1 (kira-kira sampai usia 23thn ya).
Biaya melahirkan, biaya melahirkan ini tetu saja dihitung dari usia kandungan 1 bulan sampai kita lahir kisarannya sekitar 1jt.
Saya tidak menjelaskan secara detail disini, tapi selama 23 tahun pasti kita makan tiap hari, beli baju mungkin sebulan sekali baik yang digunakan untuk sehari-hari atau untuk sekolah, pasti beli baju dan pasti selama 23 th hidup kita pasti pernah merasakan sakit dan semua itu pastinya kita mengandalkan orang tua, kisarannya sekitar 90jt.
Sekolah memerlukan biaya (SPP, buku-buku,sumbangan dsb), SD selama 6th biaya sekitar 500rb, SMP selama 3th biaya sekitar 3jt, SMA 3th biaya sekitar 5jt, Kuliah S1 (apalagi yang kuliah di swasta) selama 4th biaya sekitar 20jt.
Total investasi orang tua pada seorang anak sampai usia 23 th mencapai sekitar 120jt. Jadi anda tanpa sadar telah meminjam uang kepada orang tua anda sebesar 120 jt (Sekarang anda harus sadar dan mulai berhitung!!! !)
Jika dimisalkan investasi orangtua ke anda tersebut yang sekitar 120jt yang juga merupakan beban utang anda tersebut dikenakan bunga 1% perbulan (flat) maka beban utang anda pada akhir tahun ke-30 ke orang tua sekitar 4,32M (wow....!!)
Kemungkinan sekarang anda sudah bekerja dengan gaji 3jt per bulan, kira-kira setelah anda bekerja selama 30 thn apakah utang anda + bunga kepada orang tua bisa terlunasi?
Sekarang Pertanyaannya, Gimana cara anda sebagai seorang anak yang berbakti pada orang tua mengembalikan uang tersebut walaupun sebenarnya orang tua tidak mengharapkannya?
Tapi alangkah bahagia orang tua kita jika seandainya seorang anak mampu memberangkatkan orang tuanya ke tanah suci walaupun biaya ketanah suci itu hanya sekitar 50jt untuk mereka berdua.
Apa yang saya tulis ini hanya sekedar mengingatkan kepada saya dan teman-teman semua untuk lebih peduli kepada orang tua masing-masing. Jasa-jasa mereka dan apa yang mereka tanamkan kepada diri kita itu tidak bisa diukur secara materi tapi kalaupun bisa diukur secara materipun jasa-jasa mereka tidak mampu kita bayar, mereka hanya mengharapkan perhatian sedikit dari kita, betapa mereka sangat bahagia seandainya kita yang jauh dari mereka menelpon hanya sekedar menanyakan kabar, mereka seakan-akan lupa penderitaan ketika mereka membesarkan kita ketika mendengar suara anak mereka yang sudah bisa menghidupi dirinya sendiri.

2 comments:

Unknown said...

subhanallah,. bener bgt mas,.. aq jd terharu stlah baca artikel anda,. jd sadar klo jasa orang tua qt begitu besar,..

indragunawanpm said...

Pak Ilyas, artikel bapak untuk yang satu ini membuat saya teringat Alm. Papah saya. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua anak anak yang sholeh dan sholehah utk kedua orang tuanya...amiiiin..Indra

Powered By Blogger